Selasa, 11 Februari 2014

Yuk Lakukan dari Sekarang!!!

Haloooo...Udah pada tau ODOJ kan? Pasti ga pada kudet kan? Yang hobinya jalan-jalan di dunia maya dan ga tau ODOJ, namanya TERLALU *ala bang rhoma* hehe.......

Jalan-jalan di dunmay emang udah jadi hobinya saya. Setiap hari bolak-balik ke beberapa jejaring sosial.
Kebanyakan orang bilang dunia maya banyaknya menyesatkan, menyita waktu, pemborosan. Kalau menurut saya, semuanya tergantung kitanya. Masalah meyesatkan, ya itu tergantung situs apa yang kita kunjungi dan bagaimana etika kita dalam menggunakan. Kalau yang dilihat situs soal pengetahuan kan malah mengkayakan ilmu kita. Etika kita baik, maka InshaAllah dari dunmay silaturahim bakal terjalin. Dari dunia maya kita bisa belajar banyak tentang agama, ilmu pengetahuan umum, dan ilmu lainnya. Emang udah kodratnya segala sesuatu itu pasti ada positif negatifnya.
Oke balik lagi ke ODOJ. Saya tau istilah ODOJ dari twitter loh, dari dunia maya. Awalnya, Mas Ipho Santosa penulis buku 7 Keajaiban Rezeki pernah beberapa kali ngetwit ODOJ, dan kala itu saya tak terlalu menghiraukan. Selang beberapa hari Ustadz Felixsiauw, Ustadz Salim A. Fillah dan beberapa akun twitter pun begitu, mereka kompakan merekomendasikan ODOJ. Kata ODOJ memenuhi timeline saya, hingga saya mulai penasaran apa sih ODOJ itu...


ODOJ adalah singkatan dari One Day One Juz, artinya dalam satu hari kita menyelesaikan satu juz. ODOJ ada sistemnya, odojers (sebutan anggota odoj) dibentuk 1 kelompok dalam whatsapp yang terdiri dari 30 peserta, kemudian setiap hari akan dikontrol oleh mas'ul (ketua), dalam 1 hari setiap peserta melaporkan 1 juz bacaan Al-Qur'an. Sehingga akan khatam sehari membaca Al-Qur'an secara kelompok dan sebulan secara pribadi. Terus biasanya di kasih waktu, misalnya jam 9 malam 30 orang ini harus sudah selesai baca juz bagiannya masing-masing. Yang ga keburu, bisa minta perpanjangan waktu. Yang ga bisa (dengan alasan yg kuat tentunya) bisa minta tolong temen di grup tersebut buat ngegantiin dia baca juz bagiannya. Bisa bagi-bagi halaman, bisa satu orang ngebantu baca semua juz.
Setelah saya tau, terus saya langsung lakuin? Tidak, sama sekali tidak, saat itu istilahnya saya hanya cukup tau saja. Ada niat, tapi berbagai alasan membludak dipikiran. "Nggak mungkinlah saya bisa ngaji 1 juz/hari? Saya kan kuliah ? Saya kan sekarang sibuk udah tingkat 3 ? Saya kan kadang males? Saya itu kan ga konsisten ? Saya kan nggak ada waktu? Ah, pastinya mah nggak mungkin”. Pertanyaan-pertanyaan itu semakin melemahkan semangat saya. Tapi, saya terus berusaha untuk mencoba. Awalnya, setiap hari selama empat hari saya hanya bisa menyelesaikan setengah juz saja, untuk bisa satu juz butuh waktu dua hari..Dalam hati, saya berkata "ah sebisanya aja deh"... Ga ada kemauan untuk berusaha lebih extra.
Tapi, memang Allah Maha Memberi Hidayah dan Maha Membolak-balik Hati. Hari kelima, saya mikir bulan puasa aja bisa ko sejuz masa sekarang engga. Akhirnya dengan modal "bismillahirrahmanirrahim" saya bertekad hari itu harus bisa nyelesain satu juz. Dan alhamdulillah SAYA BISA! Kebetulan saat itu saya lagi bebas kuliah jadinya banyak ngabisin waktu di rumah, pas banget buat nyicil di setiap ba'da shalat. Ngelawan hawa nafsu untuk bisa nyempetin tilawah lima sampai sepuluh menit saja, lumayan dapet dua sampai tiga lembar lah. Kalau yang lain udah bisa nyelesain satu juz sebelum maghrib, saya justru ba'da isya baru selesai hehe ga apa-apa pemula. Setelah beberapa hari ada peningkatan, bisa selesai sebelum maghrib kemudian sebelum ashar tapi tetep sampai sekarang ga bisa kurang dari waktu itu, godaan syaitan masih kuat untuk tilawah berlama-lama, bawannya selalu 'ah masih ada satu dua waktu lagi'.. astaghfirullah payah ya x_x
Bulan ini saya PKL, tentunya bakal ngabisin waktu banyak di luar rumah. Saya was-was, takut ga keburu tilawah. Ternyata emang iya, waktu dhuha yang biasanya dipakai untuk tilawah agak lama di tempat PKL justru susah, ba'da shalat dzuhur pun begitu, istilahnya diburu waktu. Ga ada waktu juga buat nyolong-nyolong, kondisi ga ngedukung. Di hari pertama PKL, sesampainya di rumah ba'da ashar saya langsung tilawah marathon, cemas karena hanca masih banyaak... Dan saya kaget, ternyata dalam waktu kurang dari satu jam saya bisa nyelesain satu juz. Berarti kalau dihitung sama ba'da subuh tadi, untuk nyelesain satu juz bisa memakan waktu hanya satu jam saja, SATU JAM SATU JUZ loooh. Ternyata, segala sesuatu emang harus didasari niat dan tekad yang kuat ya...

Hari ini, alhamdulillah Allah masih mengistiqomahkan saya untuk ber-ODOJ. Dengan segala hambatan, akhirnya alhamdulillah hari ini saya bisa khatam juga...FYI, sampai saat ini saya belum gabung dengan kelompok ODOJ, saya lapornya masih ke Allah saja. Seperti biasa saya masih kebanyakan mikir dan khawatir :( Tadinya saya takut tidak bisa konsisten, takut nanti tetiba pengen keluar tapi malu.Tapi malam kemarin saya memutuskan untuk daftar dan sampai saat ini masih nunggu konfirmasi undangan. Mudah-mudahan setelah dapat grup kecipratan semangat lagi dari mereka...

Entah siapa tepatnya penggagas ODOJ, yang jelas saya sangat berterimakasih sekali karena idenya sangat memberikan pengaruh positif khususnya bagi saya. ODOJ merupakan sebuah ide yang berhasil menghadirkan situasi dan kondisi yang baru. Biasanya istilah tadarus Al-Quran kebanyakan kita dengar hanya di bulan Ramadhan saja. Kini, setelah ide ini muncul, tadarusan dilakukan masing-masing grup ODOJ setiap harinya. ODOJ juga menjadikan waktu luang seseorang menjadi kesempatan emas baginya. Kini, ribuan masyarakat Indonesia rutin baca Al-Qurannya 1 juz, artinya Republik Indonesia kita dipenuhi dengan lantunan ayat Al-Quran, indah bukan? Coba kalau seluruh umat muslim di Indonesia ber-ODOJ, Subhanallah setiap saat Indonesia mengaji. Semoga makin banyak lagi yang bisa ngejalanin ODOJ, dan semoga membawa barokah untuk keadaan negeri kita. Aamiin.

Yuk teman-teman yang belum ber-ODOJ kita mulai. Kita renungi, untuk jalan-jalan aja kita bisa ngabisin waktu berjam-jam bahkan seharian, masa untuk tilawah satu jam saja ga bisa. Setiap hari buka facebook, twitter, bbm, masa buka Al-Quran ga pernah. Karaoke aja sanggup sampai beberapa lagu, masa tilawah aja ga sanggup. Apalagi sekarang teknologi udah canggih, jika memang benar-benar malas buka Al-Quran cobain dulu deh tilawah lewat handphone. Pokoknya tiada alasan apapun untuk ngelakuin ODOJ. Jangan kaya saya menunda kebaikan dengan beribu alasan.
Nyempetin waktu untuk Allah emang godaanya LUAR BIASA, tapi ya kita harus tetep berusaha. Kalian tau sama Pak Ipho Santosa, Ustadz Yusuf Mansur, Pak Jamil Azzaini, Teuku Wisnu? Mereka orang-orang yang jadwalnya luaaaar biasa lebih padat dari kita. Tapi mereka tetep konsisten buat ber-ODOJ. Tuh kan mereka aja bisa kenapa kita engga?
Allah selalu ada waktu buat kita, tapi kita? Coba kita bayangin, gimana kalau saat kita butuh Allah, Allah balas dengan "nanti dulu ga ada waktu buat nolongin kamu" Astaghfirullah sakit kan? :(((((((



” Dari Ibnu Abbas r.a., beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah saw. “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi)
“Bacalah Al-Qur’an, sesungguhnya Al-Qur’an itu akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafa’at bagi orang yang membacanya.” (HR. Muslim)

Dengan segala kerendahan hati ga ada maksud saya buat riya, hanya ingin berbagi pengalaman saja bahwa ternyata hal sesulit apapun bisa menjadi mudah. Saya berharap postingan ini bisa menjadi stimulus bagi kalian (aamiin). Saya juga bukan orang yang tau mendalam soal agama, kadar keimanan saya masih level bawah. Jika diibaratkan amalan ibadah itu pohon, maka amalan ibadah saya hanya bagian biji, bukan daun, buah, apalagi batang dan ranting yang selalu menjulang tinggi ke atas. Tapi yaa, tetep harus berusaha buat ningkatin...Kita coba, kita paksa aja, kita biasakan. Kita doa terus ke Allah semoga ODOJ ini bisa jadi gaya hidup kita, semoga diistiqomahkan Allah sampai akhir hayat kita. Aamiin.  Percaya deh berinteraksi dengan quran bikin hidup kita indah dan tentram... So, Yuk lakukakn sekarang. PASTI BISA!!!!
 


“Sejuta alasan bisa dicari untuk membuat kita tidak melakukan sesuatu, padahal hanya perlu satu alasan untuk melakukan hal tersebut: niat.”


Bagi sahabat yang ingin bergabung, silahkan follow twitternya di @AyoTilawah, @onedayonejuz atau bisa langsung kunjungi website resminya di http://www.onedayonejuz.org Di sana, kita akan mendapatkan banyak informasi tentang #OneDayOneJuz. Salam !


2 komentar:

  1. Balasan
    1. Terimakasih sudah menyempatkan untuk membaca postingan saya. Alhamdulillah semoga bermanfaat ....

      Hapus